Sepoci syubidupidapap..

Minggu, 13 Januari 2013

RSBI, Rintisan Sekolah Borjuis Indonesia


Awalnya aku ga ngeh soal kabar adanya penghapusan RSBI di endonesah ini, aku pikir itu hanya wacana - wacana . tapi ada salah seorang teman di facebook nyuruh aku siaran dengan tema RSBI  di radio streaming aku --- yah walaupun sekarang udah ga pernah siaran lagi, terakhir siaran bulan desember -- katanya topik RSBI ini lagi hangat - hangatnya .. iya aku tau kok, aku punya tv . Tapi aku belum tau klo ini seserius INI.
Makanya segala opiniku, aku tuangkan disini. Jangan ada yang tersungging ya :))



 
Ini apaan lagi panci sama centong nasi pake ikut difoto segala..

Yah, terkait dengan berita ini aku bingung, ikut pro atau kontra. Secara, aku adalah alumi dari SMA yang RSBI (katanya). Klo aku ngerasain dulu disekolahku emang bilingual, itu bagus, menambah khazanah bahasa. Doa Pagi, setiap hari kamis selalu dipimpin pake bahasa inggris melalui speaker, hari kamis harus ngomong ama semua orang pake bahasa inggris tapi ga ada yang gubris kok. Awalnya guru - guru disuruh ngajar pake bahasa inggris, tapi mana ada guru yang kuat coba , jadi yah... aktifitas tetap seperti biasa. Yang paling keliatan dari RSBInya itu yah kalo ada lomba - lomba yang diikutin siswa serba debat bahasa inggris sampe studi tour ke mancanegara (tentunya yg ikut kalangan borjuis)

Nah! kalo aku Kontra dan ikut - ikutan bilang klo RSBI itu Rintisan Sekolah Borjuis Indonesia, berarti aku intinya setuju dong ya klo RSBI itu sekolah mahal.. Tapiiiiiiiiii... seingatku nih ye, sekolah ku di SMA selaMa 3 tahun GRATIS kok, kan negeri ga bayar SPP.. Jadi, mau
dihapus sekarang apa nggak tuh status RSBI yang penting dulu sempatlah ngerasain RSBI.


Jadi, aku pro atau kontra nih???
masih bingung...




 
Berdasarkan yang aku nonton di tv-one.. hari itu adalah siaran live dimana ada seorang bapak yang anaknya sekolah di SMA 1 Surabaya ---sekolah RSBI. Beliau dipanggil untuk jadi narasumber. Katanya, anaknya yang pengen masuk sekolah RSBI, karena emang klo RSBI itu fasilitasnya lengkap yang..mulai dari lab, olahraga, ruangannya adem dan alasan utamanya adalah pendidikannya yang disiplin. Rata2 yang masuk sekolah RSBI & unggulan itu outputnya bagus, nemnya tinggi dan berprestasi ikut lomba sana - sini. Tapi si Bapak bilang.. "kamu betul2 mau sekolah disana? itu sekolahan anak orang kaya.. bapak gak sanggup, tapi kalo kamu betul2 kepengen bapak usahain bicara sama kepala sekolah.."...
 

Nah alhasil, kepala sekolah bilang "Silahkan pak,, sudah disediakan khusus beasiswa buat anak yang tidak mampu , tidak perlu bayar sama sekali" ... kecuali seragam dan buku yang memang tanggungjawab orangtua loh yah.. Bapaknya pun merasa senang sekali, tapi dia mewanti -wanti anaknya. Sekolah kayak begini mentalnya harus kuat, kita orang biasa-biasa saja, jangan iri dengan teman - teman sekolah kamu yang serba mewah, jangan juga minder ga bisa ngikutin gaya anak sekarang, dari awal kan kamu niatnya mau sekolah di tempat yang mutunya bagus,, bukan karena status kekayaan"


Yah,, endonesah emang sekarang suka gini, melabelkan diri sendiri dengan status kaya, miskin, alay, ngondek.. dsb... 




Kalo gitu bisa kita ambil dari cerita bapak - bapak diatas.. (diatas mana yah..) kalo sebenarnya orangtua itu ga peduli sekolah mau seInternasional apa, yang penting standar mutunya serta biaya yang masuk akal untuk sebuah pendidikan. Yang LEBIH PENTING LAGI, anaknya semangat gak belajarnya? Berprestasi gak anaknya. Bukan sekolah karena mau gaya - gayaan aja

contohnya waktu aku sekolah dulu, kalo ada yang bagus2 aja..
A : Dorang.. tim yang ikut lomba ekonomi sudah lulus sampe Jakarta bah!!
semuanya : IYA BAH, SMA kita bah ini .. RSBI Bah bilangg!!!

Jujur gitu. Yang masuk RSBI merasa derajatnya naik dikitlah, jangan munafik. Apalagi klo anak sekolahan lain. kamu dari SMA mana ? SMA 1 .. sambil angkat muka,, beh bangganya bah!!! Padahal, isi otak sama aja tuh, di ajak ngerjain soal matematika cuma bisa mandang awan.. Atau yang paling lebih sakit hati ...





Terus masalah uang, yang katanya dipungut secara besar - besaran di sekolah RSBI ..
Mending kalo uang pungutan itu keliatan efeknya, kalo ga keliatan (korupsi) lebih sakit hati lagi kan

Sampe sekolah tiap kelas full AC.. aduh, bikin siswa tambah ngantuk aja . Kalo kelasku beAC, sumpah aku langsung bawa bantal tiap hari deh, apalagi guru yang ngajar bilingual, ngajar kimia tapi bahasa inggris, macam didongengin bah..yuk tidur aja yuk  

Nah, aku bukan pro atau kontra nih masalah AC.. boleh pake AC cuma kan itu spesial buat LAB. atau ruangan yang banyak PC nya.. kantor TU misalnya.. klo per kelas , iya klo siswa bisa merawatnya dengan baik? AC kan berarti perlu listrik besar dan biaya perawatannya.. Mending uangnya dialokasikan ke yang lain dan sekolahannya didesign sejuk dan rindang aja, AC alami bo! Kayak sekolahanku dulu... kena lagi !


RSBI katanya banyak uang pungutan? Yah itu rata2 dipake buat biaya pelatihan guru sana - sini dan buat bayar guru pembimbing study tour dalam rangka apalah itu keluar negeri... malah ada sebuah artikel aku baca klo pungutan di RSBI wilayah JAWA itu buat fasilitas TV disemua kelas?! APAAN.. emangnya mau tinggal disekolah seharian sampe ada tv, kenapa ga sekalian kulkas di kelas !! Ga wajar...


Intinya bilang orang, kalo mau sekolahan bagus di sekolah unggulan aja yang RSBI, pasti nilainya bagus2..Orangtua pun dengan bangganya bilang "Anak saya disekolahannya tuh kan RSBI ,, terjaminlah Pak, Bu.." Bah, belum tentu anakmu pintar pak,,,

Jadi, kalo sekolahannya murah, ga ada ACnya, mutu pendidikannya juga jelek gitu?! Jangan begitu dong bagaimana sih pemerintah ini



Kasian banget siswa serapuh ini disuruh memikul sekian banyak mata pelajaran padahal bayarnya mahal ya bo!

Loh jadi si muza apa sih ni, pro atau kontra..?!  *ditendang ke Planet Namek


UDAHLAH!  Intinya pendidikan endonesah ni emang slalu nggak beres dari mulai dana BOS, bangunan yang ga layak pakai, sampe anak - anak jadi ninja demi menyebrang sungai buat sekolah, ISU kalo jadi guru musti PPG lagi, PUSING!! Partner hidup aku bilang .. "Makanya aku malas sama pendidikan Indonesia ini.." seh.. apakah.. macam waktu sekolah belajar betul2 aja.. *ditendang lagi ke hatinya 


Aku lebih setuju kalo di Indonesia ini UAN di hapuskan. Basi banget , 3 tahun sekolah cuma ditentukan sama UAN selama 3 hari. Tujuannya apa? buat menentukan mana pintar mana gak yah? anak cowo gondrong yang suka di pojokan kelas itu belum tentu bodoh yah. dan anak cewek yang selalu duduk di depan meja guru juga belum tentu menyimak guru sepenuhnya. bisa aja buat ngelirik cowo2 yang lg main futsal dilapangan *loh kok curhat.


EHEM. sampai disini perjumpaan kita, salah benar pekataan di postingan ini mohon dimaklumi karena aku ngetiknya sepenuh hati layaknya lagi ngobrol sama teman.  Jangan langsung di telak ya


2 comments:

herryfitrian mengatakan...

RSBI sebenarnya bagus, oknum didalamnya yang membuat RSBI tidak bagus. seharusnya kita mencontoh Finlandia, yang sukses mengelola sekolah internasional.

MuzaLifah mengatakan...

Iya, medning perbaiki mutunya secara merata aja deh, disana pelajarannya dikit dan intinya aja, ga kayak disini sosoan. disana diarahin belajarnya sesuai apa yang kamu mau . disini dari kecil udah diajakin korupsi waktu dan nyontek sekalian nyalin jawaban teman udah membudaya. itu kenapa bisa nyontek., soalnya minat siswa bukan ke pelajaran itu .

Posting Komentar