Sepoci syubidupidapap..

Kamis, 08 November 2012

Gangguan lambung, ngeselin gak sih ?

yuhuuu~

mau ngapdet blog lagi nih , eniwey makasih yaa buat semua pembaca yang selalu meluangkan waktunya buat blog drinkscoffee ini
makasih, makasih semoga yang punya pacar langgeng abadi yang ga punya pacar segera berpacar. amin! 

nah, kali ini muza mau memberikan info kesehatan yang tentunya bakal bermanfaatbuat semua pembaca disini apalagi yang suka ngopi nih ye. memang sih sudah beberapa kali muza posting ttg efek kopi namun kali ini bukan ngebahas itu lagi. tapi seputar penyakit yang aku derita selama ini, siapa tau dari ngebaca postingan ini , yang punya penyakit sama kayak muza bisa berbagi tips dan yang belum kena penyakit ini insya allah semoga nda kena lah yah  tapi susah mengingat zaman sekarang yang kita makan ini macem - macem dan ga terkendali..


di sini pernah yang merasa pedis perutnya di sebelah kiri?

 sakit tapi masih tetep gaul


nah,, dorang. penyakit inilah yang sudah 18  tahun menggerogoti lambung saya.. tapi alhamdulillah masih dikasih nafas sama Allah sampe sekarang
waduh lebaynya.. NAMUN , itu kenyataannya, semua penyakit yang berhubungan sama lambung bisa bikin kita kurus dan langsing mengalahkan syahrini.. soalnya semua makanan ga bisa masuk , dimuntahin aja semuaa.. waduh .. tau diri dong sudah beras mahal enak enak aja buang buang beras yah... pokoknya mual pusing panas pedis, ngilu kayak ditusuk - tusuk seribu paku payung hoekkkss ngebayanginnya jadi mual..

yang muza alami sekarang adalah tukak lambung .. ya 1 tingkat dari magh gitulah.. pokoknya gangguan lambung. apa sih bedanyaa???

Kalo orang yang sakit magh ciri ciri gejalanya itu : 1. Sakit saat buang air besar. 2. Mual dan muntah. 3. Sering merasa lapar. 4.Perut kembun. 5.Nyeri yang luar biasa
PenyebabPenyakit Maag  biasanya terjadi  karena penderita makannya tidak teratur, terus si penderita telat makan, sewaktu  makan si penderita maag langsung makan dengan porsi yang terlalu banyak. ckck.. sudah gitu hobinya yang pedas - pedas, gorengan.. TAMBAH JADI DEH AH!


Nah, kalo tukak lambung yang kau derita itu apa sih , Muza?????


pertamanya juga mual terus suka bersendawa kayak penyakit magh., Bisa jadi yang kamu rasakan ini merupakan gejala awal terjadinya tukak lambung, bukan magh. Untuk lebih memastikan memang tukak lambung, biasanya penderita akan terbangun pada malam hari karena rasa nyeri di ulu hati.  dan nyerinya itu luar biasaaaa!!!! semalaman bisa ga tidur bahkan bolak balik wc buat muntah..tapi muntahnya ga se-extrem penderita magh.

tapiiiiiii.. sebenarnya lambung kamu itu lagi luka. Luka yang dalam dinamakan tukak. Tukak lambung disebabkan oleh karena produksi asam lambung yang tinggi dan iritasi oleh bakteri yang terdapat di lambung. ibaratnya lambung kamu lagi radang!


MENGAPAAA!!!!! MENGAPAA INI TERJADI KEPADAKU

aku itu sampe bosan ke dokter, muntah-ke dokter-muntah - ke dokter . walaupun sesudah muntah itu rasanya plong banget dan INGAT yang lebih membedakan magh dan tukak lambung itu, kalo magh harus sering - sering makan. kalo tukak lambung mendingan jangan makan dulu,, rasanya nyesss banget!!! ibaratnya , lambung kamu lagi luka tapi kamu paksa kerja.. I'M DEAD. terpaksa ke dokter lagi dan uang ratusan bahkan jutaan rupiah habis buat dokter.


 girang amat dokternya aku kembali 3 hari sekali buat check-up



nah, sewaktu SMA. itu puncaknya aku mengalami magh dan akhirnya akut seperti ini, aku sampe ga ikut UAS di kelas 3 SMA, padahal UASnya buat nilai UN .. aku sampe UAS sendirian.. kebayang gak tuh UAS sendirian ....

ingat loh ya penyebab utama gangguan lambung itu karena telat makan dan STRESS.  jadi asam lambung naik gitu deh... 

aku berkali - kali bolak balik dokter ga juga menemukan dokter yang cocok. kayak mau nyari jodoh ajah deh musti cocok - cocokkan segala . seminggu lebih bolak balik ke dokter spesialis penyakit dalam sampe akhirnya aku diinterograsi.

Dokter : 'Kamu suka jajan sembarangan yah ? suka telat makan?"
Aku : " ga juga dok, malah saya hobi makan"
Dokter: "kenapa kamu belum sembuh, selama sakit ini makannya apa"
Aku: 'Bubur putih dok, kadang pake sayur bening juga,"
Dokter : "Oh,iya jangan makan gorengan, mie, lauk yang berminyak,sambel, saos, minuman kaleng, teh kotak, kopi..."
Aku : "kopi dok..??"
Dokter:  "Iya. kamu kenapa? suka kah?"
Aku : "suka dok.." (dalam hatii - pelisss kok gak boleh ngopi sihh?!)
Dokter: " ga boleh yah... nanti kalo kamu suka minum kopi,,, kulit kamu jadi hitam loh kayak kopi... mending kamu minum susu,, nanti kulit kamu jadi putih kayak susuu"

ITU DOKTER, APESEEEE!!! emangnya aku anak kecil yang bisa ditipu semudah itu, emangnya kulit orang bisa hitam gegara minum kopii,, nyoba nipuu yeee!!!
aku ikutin kata - katanya buat minum susu, eh aku malah tambah sakit. pas dikasi tau sama temenku yang berobat di surabaya katanya gangguan lambung kaga boleh minum susu tau , roti juga ga boleh.. ribet dah  

akhirnya aku kembali lagi ke dokter..

Aku : "Dok, masih sakit, obatnya sudah habis,,"
Dokter: "Oh,, lambung kamu berarti luka ya,, "
Aku: "Maksudnya dok?"
Dokter: "Gapapa, dosis obat kamu aja ya ng perlu ditambah dan di terapi lambungnya"
  

 
dan... TARAA~ ini obatnya ! ajaib cuma 1 kapsul tapi penyakitku langsung sembuh..ga kayak obat yang dokter sebelumnya kasih...udah uang  terbuang berjuta - juta, coba dari dulu tau penyakit dan obatnya....








Lansoprazole merupakan obat dari golongan inhibitor pompa proton yang bekerja dengan menginhibisi sistem enzim (H+,K+)-ATPase sehingga mampu memblokir tahap akhir dari produksi asam lambung. . Lansoprazole merupakan satu dari sekian banyak obat yang absorpsinya terhambat bila digunakan bersama makanan . Oleh karena itu, lansoprazole harus digunakan saat perut kosong yaitu 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. 

sekarang sih kalo perutku mulai terasa ga enak lagi dan muntah sembarangan , aku tinggal minum lansoprazole yang selalu tersedia di lemari obat fufufu~ bisa makan sepuasnya sampe buncit kayak sekarang
tapi gak sihhhh.. penyakitku sampe sekarang masih suka kambuh  parahnya lagiiiii. kalo jadwal makan yang tidak teratur itu berlangsung terus-menerus, lambung sulit beradaptasi dalam memproduksi asam lambung. Akibatnya dinding lambung erosi.  lambung aku bisa menipis...


serem banget kan.. tapi ada juga tips nih, dikasih tau sama temen pesbuk dan om google... supaya lambung kita bisa tebal kembali. katanya sih rajin minum air kanji., tapi muza ga berani coba!! mikir  mikir dulu, eneg banget pastinya..

Ngeselin gak sih, kalo pola makan kita ini - itu musti dilarang, pelisss deh...


  sampe sekarang masih suka ngopi... terlanjur cinta mau diapa
ah..  biarkan saja hidup ini mengalir., tengkyu yah yang udah baca postingan inii , semoga bermanfaat buat semuanya, aku akan menikmati masa muda dulu

0 comments:

Posting Komentar