Sepoci syubidupidapap..

Jumat, 09 November 2012

Pahlawan, siapa sih mereka?



 
Apakah kalian setuju, kalau generasi kita mengetahui yang namanya pahlawan nasional hanya dari selembar uang ?
 
PAHLAWAN ITU APA????

Kita tahu kalau pahlawan adalah “orang yang berjasa”. Tapi untuk lebih jelasnya, inilah definisi pahlawan menurut KBBI :
         pahlawan--> orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.

Kenapa bisa ada HARI PAHLAWAN ?

Pada tanggal 10 November 1945 Inggris memberikan ultimatum kepada Indonesia jam 6 pagi tgl 10 november untuk menyerah dan meletakkan senjata. Karena sehari sebelumnya BrigJen Malaby tewas di tangan pejuang Indonesia. Indonesia menolak, karena pada tanggal 10 nov 45, Indonesia sudah merdeka Maka Indonesia melawan 30.000 serdadu. Banyak para pejuang yang gugur. Peristiwa inilah jadi dasar Hari Pahlawan.



Selain Pahlawan Nasional, ada Pahlawan lain gak??

"Pahlawan Devisa” kepada para TKI yang bekerja di luar negeri dan telah banyak menyumbangkan devisa bagi Negara.  Tapi sayang pengorbanannya kadang malah di balas dengan kekejian majikannya.






"Pahlawan tanpa tanda jasa” yang ditujukan kepada para guru / pendidik yang telah ikhlas dalam mendidik siswanya, terlebih lagi jika guru tersebut mengajar di pedalaman terpencil. Patut banget diacungin 2 jempol!


“Pahlawan keluarga“ . Pahlawan keluarga yang dimaksud adalah seorang ayah ataupun ibu rumah tangga yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Bayangkan, seorang yang sudah tua harus bekerja keras di jalanan demi keluarga dan jasanya bahkan dinikmati oleh orang banyak.







"Pahlawan kesiangan" kerap diberikan kepada seseorang yang terlambat dalam memberikan pertolongan. Bisa juga diibaratakan, seseorang yang hanya mencari perhatian, biar dibilang penolong padahal dia tidak melakukan apapun,



Pahlawan itu sosok panutan , benarkah??
“siapakah pahlawan ?” anak anak akan menjawab Batman, superman, Naruto. Lho, wajar dong. Di anggapan mereka pahlawan=super hero. Yang membela kebenaran dan keadilan, jagoan, hebat, kuat, keren, pemberani  dan (hampir) selalu menang. Yang penting anak anak tersebut bisa aktif menolong orang lain. Mengagumkan, bukan? Lain halnya dengan pengertian pahlawan pada anak di bawah ini.

Pahlawan ternyata tidak harus bisa terbang dan memberantas penjahat hebat. Pahlawan bisa jadi sosok idola yang membuat kita ingin menirunya.

mari kita renungi diri kita apakah kita mau mengorbankan waktu, jiwa dan raga kita sesuai dengan posisi kita masing -masing.
Misalnya seorang mahasiswa telah ikhlas menghabiskan waktu untuk belajar demi mendapatkan ilmu untuk dikembangkan bagi kepentingan orang banyak. Contoh lain lagi misalnya, seorang pejabat publik apakah telah dengan ikhlas melayani masyarakat dengan tetap menempatkan kepentingan masyarakat diatas kepentingannya sehingga tidak pernah terbesit dibenaknya untuk melakukan korupsi. seorang dosen yang tidak peduli berapa penghasilannya asalakan ilmunya selalu mengalir ke peserta didik tanpa mengeluh.

Saya MAHASISWA, bagaimana caranya supaya jadi PAHLAWAN?

Mahasiswa menghabiskan waktu dengan belajar. Tidak perlu mesti membawa simbol garuda kemana - mana Karena belajar giat dan berprestasi akan mengharumkan nama bangsa. mahasiswa harus mampu menampilkan semangat yang telah diwariskan para pahlawan. Selain itu, mahasiswa juga harus tanggap dalam segala bidang. Pejuang kita dulu sangat tanggap dengan apa yang terjadi disekitarnya, politik,sosial,budaya dll. Lakukan kegiatan - kegiatan positif. yang memanfaatkan ‘kemerdekaan’ sebagai manusia dengan kebijaksanaan, serta bersedia menanam dan memberikan kebaikan.
Jangan pernah berfikir, "saya cuma seorang mahasiswa.."
Bahkan kalau anda hanya mahasiswa sekalipun, tetap saja modal anda merubah kondisi lingkungan sosial tetap terbuka lebar. Jangan remehkan, anda punya otak dan tenaga hei mahasiswa.
Yang perlu anda INGAT....
para pahlawan sejati itu nggak ada sama sekali yang berniat jadi pahlawan atau terbersit di pikiran mereka biar dikenang sebagai pahlawan. Label pahlawan itu bukan kita sendiri menempelkannya di diri kita.
Akhirnya, pertanyaannya adalah
"adakah orang lain akan memberikan label pahlawan tertentu kepada kita?"
"mau dan mampukah kita menjadi Pahlawan, Teladan, Idola, bagi anak-anak kita?"
“mau dan mampukah kita menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri?”

.


Mulailah jadi pahlawan bagi dirimu sendiri,agar dapat berguna bagi orang lain,karena musuh terbesar ada didalam diri sendiri.

“We are the hero of our own story”
 

2 comments:

Anonim mengatakan...

pahlawan bertopeng...pahlawannya sinchan mana Muz ?

Anonim mengatakan...

pahlawan untuk diri sendiri.. berusaha turunkan berat badan 30 kilo bagi diri sendiri termasuk jiwa pahlawan nggak yah??

Posting Komentar