Sepoci syubidupidapap..

Minggu, 23 Desember 2012

Buat kamu, MAHASISWA NYEBELIN.



Hey para pejuang kampus yang nyebelin , artikel ini spesial buat kalian!

Asal kalian tahu aja, aku menulis artikel ini dengan sejuta kejengkelan, jadi maafkan aku kalo nulis artikel dengan sudut pandang subyektif..

Kita mulai dengan pembahasan apa itu mahasiswa? yah, muza.. bosan kali.. udah dibahasa kemana - mana, di seminar , diforum, apa saja.. ya udah pda intinya aja bisa dibilang Mahasiswa itu sendiri adalah orang yang sedang menjalani pendidikan tingginya setelah lulus dari SMA dan mempunyai perilaku yang tinggi juga. PERILAKU TINGGI  disini adalah  menjadi watak yang lebih dewasa dari SMA, mandiri, bisa berpikir kritis, sigap, bertanggung jawab atas semua tugas yang diberikan, dan masih banyak lagi. Itu yang terlalu terukir di OTAK para MAHASISWA NYEBELIN. Bosan tau gak, ngedengar kalimat : Kita ini mahasiswa, harus berpikir kritis!!!!Sementara dosen, siapa itu dosen, ya dosen!! itu gurunya mahasiswa, cuman dia itu hanya sedikit membekali kita,gantinya kita dikasih tugas - tugas. Rata - rata tugas itu dikasih dgn tujuan supaya kita bisa cari bukunya , menelaah langsung, diskusi dengan rekan mahasiswa baik seangkatan ataupun senior. Kita dituntut dosen untuk membangun jaringan dengan tugas - tugas itu. Kerja sama , bung ! Itu tujuannya! Manusia itu tidak bisa hidup sendiri kawan... Itu yang perlu dicatet buat MAHASISWA NYEBELIN yah,, ya ampun muje tarik napas dulu.. *tarik-hembuskan*

Ada sebagian mahasiswa yang ANSOS. Tau kah kalian dorang apa singkatan dari ANSOS itu? yapp, ANTI SOSIAL yang jarang berkomunikasi dengan teman-temannya. Hey MAHASISWA NYEBELIN, apa sih yang kau pikirkan itu?? Ini Indonesia bung!! dunia ini tidaklah sempit yang HANYA MEMBACA BUKU TERUS tanpa SOSIALISASI. Kamu ngga bisa berpikir berdasarkan duniamu sendiri dan selalu menganggap apa yang kau pikirkan itu TEPAT!!

Haduh, sungguh meruginya kamu jadi mahasiswa seperti itu. Banyak informasi bermanfaat dengan adanya pertukaran pikiran dengan teman kamu. KAMU MERASA PINTAR? KAMU MERASA KALAU KAMU ITU SUDAH BISA SEGALANYA? KAMU MERASA LEBIH DIANTARA TEMAN KAMU?? itu salah besar. Balik lagi ke awal, pada hakikatnya manusia itu tidak bisa hidup sendiri.


Kuliah itu untuk mencari ilmu bung bukan mengejar IPK atau IP yang tinggi. Kuliah itu tempat menimba ilmu buat masa depan, tentu saja sesuai program apa yang kamu jalani. Ini bukan sekolahan lagi, kamu saingan sama teman kamu supaya di rapot akhir semester kamu dapat rangking! Kuliah itu saatnya kita mencari jaringan seluasnya, KAMPUS bukan sekolahan yang anaknya itu - itu aja, beribu coy mahasiswanya, bertukar pikiranlah  dengan teman-temanmu itu..!


MAHASISWA NYEBELIN itu suka ngejar IP , selalu membanding - bandingkan IPnya dengan oranglain dan mengelompokkan mana temannya yang dia anggap saingan mana yang ga peerlu dikhawatirkan.  Ayolah kawan, heiii.... semester 3 aja kamu sudah begitu apalagi nanti klo bagian skripsi-skripsi, dijamin menengok punya temanmu sebentar pun jangan harap. Hoii.... lmu itu jangan hanya untuk diri sendiri. Bagikanlah ilmu itu kepada teman-teman kalian. Tidak ada ruginya kan?? Buat apa IP tinggi tapi kalau kamu anti sosial, iya, kamu emang bersosialisasi dengan mereka tapi dalam hatimu kamu anggap mereka saingan, iyakah dalam hati kamu begitu? memang kamu MAHASISWA NYEBELIN! 
 
Kenapa sih dengan IP? asal lolos 3,00 cukuplah kan. IP aku ngga terlalu besar, IP aku jauuuuh lebih rendah dibandingkan dengan teman-teman saya pintar-pintar. Minder? tentu saja ada tapi apakah hidup itu akan MINDER terus?? tidak kawan, jauhkanlan sifat minder karena akan menghambat kreasimu. Merasa bodoh? tidak juga karena aku mengejar ILMU bukan IP. Klo kamu ga mau  IP kamu jatuh karena takut nanti dibilang bodoh dan merasa dikalahkan sama yang lebih tinggi itu mungkin prinsip kamu.. Prinsip orang itu berbeda kawan dan aku hargai.. 

Asal kamu harus buka mata kamu, terkadang banyak hal yg gak kamu sadari, memang ada mahasiswa yang tidak terlalu pintar tapi ternyata  fisikanya jago, logika jago, jiwa kepemimpinannya jago, dan masih banyak lagi. 

Kawan - kawanku yang baca artikelku ini ingatlah kata- kataku ini ya ..

Mengapa orang pintar bisa dikalahkan oleh orang yang "biasa" ? Karena "orang biasa" tidak merasa pintar, jadi mereka mau belajar pada siapapun .


Asal tau aja,kenapa aku bisa terinspirasi bikin artikel begini, itu semua karena tweetnya om @wisnusumarwan, owner rumah sushi.. Kemarin - kemarin dia ada ngetweet tentang mahasiswa nyebelin..
 
 

Kita lanjut ya..
pernah ketemu mahasiswa yang kayak begini ?




Sikap positif pas kuliah adalah gejala positif untuk karir positif di masa depan...

Pas kuliah, jangan anggap teman kuliah itu sekedar temen sekelas yang sama - sama menjalani ritual perkuliah sampe lulus nanti. Kita nggak bakal tau kalo kelak temen kuliah kita bisa jadi jalan karir profesional..


Iya, sapa yang tahu di masa depan nanti setelah lulus kuliah malah kita yang luntang - lantung mencari pekerjaan, padahal selama kuliah kita semangatnya luarrr biasa sementara teman kita yang "biasa" tadi itu sudah sukses dapat pekerjaan duluan.
Ga nyangka kan?! 

ingat apa kata om Bob Sadino :
Apa yang didapatkan di bangku kuliah tidak selalu cocok dengan dinamika yang terjadi di jalanan.

Meskipun gak 100%, tapi Networking profesional (jaringan) sewaktu kita usia kerja, kemungkinan lebih besar kita didapat dari temen kuliah dibanding dosen... padahal selama kuliah kamu taunya cuma cari muka ke dosen,ikut ida kemana - mana layaknya asisten/pesuruh. sewaktu lulus jangan harap kamu bisa melengket ke ketek dosen itu. Mau kayak gitu terus?

Over dosis ngedekatin dosen malah bikin kamu kayak orang yg suka cari muka... dan di karir profesional, ini salah satu hal paling nyebelin.
Sama dosen bersikap profesional aja. Selesaikan tugasnya dengan baik, gak perlu kebanyakan tanya2 mulu (apalagi kalo niatnya cari2 perhatian). MUAR NDA LAMA ORANG , MUARRRRR!!!! :))





Jangan sampe kalo kelak temen kita sukses dan bosnya, atau bahkan dia yang jadi bos membutuhkan tenaga profesional, kita gak masuk pertimbangan  karena attitude pas kuliah..
Misalnya begini : 


Kalo kita nunjukin attitude buruk pas kuliah (misal: egois, ogah nolong, ogah pusing, tugas nggak beres), mana berani dia ngasih rekomendasi..  

Ada temen akrab kamu pas kuliah. Orgnya asik tapi pemalas, kerjaan gak pernah beres, pikirannya pesimis terus egois. Jangan salahin temen akrabmu itu kalo dia malah rekomendasikan temen lain yg gak akrab... Berarti yaaaaaa.. Gitu deh... :)  Kepoklah kau jadi MAHASISWA NYEBELIN

Soalnya, meskipun temen kuliah (akrab, pun), kalo sampe dia berani ngasih rekomendasi ke bosnya atau orang pentinglah ya dia juga harus tanggung jawab, nanti dia yang kena...  Banyak loh temen kuliah yg punya channel , punya jaringan tapi nggak mau ngajak temennya, karena tahu attitude buruk temennya pas kuliah.  Coba kalo kamu sikapnya bagus paskulaih, nggak cm link pekerjaan aja, kita jg nggak akan segan lempar peluang usaha bagus buat temen kita yg attitude/reputasinya baik :D


Ohh ayolaah kawan, untuk apa sih bekerja hanya untuk diri sendiri aja? hey hey, banyak orang yang membutuhkan pekerjaan, luntang lantung mencari pekerjaan akhir-akhir ini susah. Pernahkah anda berpikir begitu?? 1 lapangan pekerjaan saja, bisa membantu banyak orang bung. Senyebel-nyebelinnya kamu pas kuliah, kalo kamu nunjukin sikap profesional pas kuliah, itu akan jadi kebiasaan sampe usia kerja nanti kamu akan lebih dipertimbangkan daripada mereka yg pemalas dan skeptis.

  

Jad, ubahlah sifat NYEBELINmu itu dari kau kuliah ini.. Pastikan temen kuliah mu nyimpen memori yang baik tentang kamu sampai tua nanti...  Jangan sama dosen aja kamu perhatian setulus-tulusnya, sama temanmu juga.. Di dunia kerja, kebanyakan nanya hal2 yg gak perlu ditanya adalah nyebelin. Jgn sampe ini udh dilakuin sejak kuliah..       
   


Loh muza, apa salahnya orang bertanya lebih mendalam kalo memang kita mau bertanya..apalagi mahasiswa, harus aktif.. Kalo aku, sukanya kayak gini, memang kadang aku mau bertanya supaya dilihat dosenlah aku aktif. kan akau sudah bilang diatas, asal jangan OVER DOSIS!! Aku malah suka mau bertanya lebih mendalam tapi aku mikirin temanku,nanti temanku mikir aku cari muka lagi. lagian kan hal - hal pertanyaan gitu bisa dipertemuan berikutnya atau diluar kampus,, nanti malah aku yang jadi mahasiswa NYEBELIN

  

   
Nah sekarang yang jadi pertanyaan terbesar muza dari semester 1 sampe sekarang .
pemikiran apakah yang betul?
1.   KITA SEMUA BISA LULUS BERSAMA-SAMA. Kita masuk Perguruan Tinggi Negeri ini bersama-sama kan?? Apa salahnya keluarnya juga bersama-sama?? Itu akan menjadi momen yang indah kawan. Jangan mau menang sendiri, berbagilah dengan teman-teman kamu yang lain. termasuk berbgai info tugas, data tugas , dll.
2. nda usah ikut campur tugas orang, tugas kita aja belum selesai, urus tugas kita aja dulu, belum tentu dapat A, nanti siapa tau kita bantu teman , kita kasih nyontek, eh sekalinya kita yang rugi, nanti sekalinya IPnya lebih tinggi dari kita.. Jangan anggap remeh teman sekelas, nanti bisa bisa jadi saingan kita.


Ayo yang mana? jawab ya :))

1 comments:

xtmxady mengatakan...

haha curhat dari sisi subyektif :D

Yaps. Intinya komunikasi itu perlu. Need not Want..

Aku pernah baca, mungkin bakal berguna :v :

Jika kamu mempunyai 1 mata uang dan lalu menukarkan 1 mata uang tersebut ke orang lain. Maka kamu tetap punya 1 mata uang.

Sedangkan jika kamu mempunyai 1 ide dan lalu menukarkan 1 ide tersebut ke orang lain. Maka sekarang kamu punya 2 ide.

Simpulkan sendiri yak ;)

Posting Komentar